Pages

Rabu, 02 Mei 2012

Perilaku Produsen dan Konsumen


Perkembangan dunia usaha saat ini telah membawa para pelaku konsumen
Dunia usaha ke persaingan yang sangat ketat untuk memperebutkan konsumen. Dapat diketahui juga bahwa seorang produsen atau pengusaha dalam melakukan proses produksi untuk mencapai tujuan harus menentukan dua macam keputusan ; berapa output yang harus diproduksi dan berapa ? dan dalam kombinasi bagaimana factor-faktor produksi (input) dipergunakan?
Dan untuk menyederhanakan dalam pembahasan secara teoritis , dalam menentukan menentukan keputusan tersebut digunakan dua asumsi dasar ; bahwa produsen atau pengusaha selalu berusaha mencapai keuntungan yang maksimum dan bahwa produsen atau pengusaha beroperasi dalam persaingan yang sempurna.

Perilaku konsumen harus bisa diketahui seperti beberapa hal berikut ini : Para marketer harus memahami segmentasi pelanggan, Para marketer harus memahami sosial-budaya dari kosumennya, Kemudian marketer harus memahami phsikologi konsumen, Untuk menghubungakan antara phsikologi konsumen dengan lingkungan sosial-budayanya para pemasar harus memahami komunikasi konsumen, dan Bagian terakhir yang harus dipahami marketer adalah Proses pengambilan keputusan pembelian.


Terkadang semakin banyak perusahaan yang sejenis maka semakin mudah masyarakat menentukan produksi/barang mana yang dibutuhkan oleh konsumen itu sendiri. Produsen suatu mie instan terkenal menenkan biaya produksi dengan memperkecil kuantitas mie dengan harga tetap.
Tetapi konsumen menyadari hal itu tapi tetap membeli Karena rasa enak dan harga tidak naik. Masyarakat juga tahu bahwa rasa juga terpenting dalam hal produksi dan banyak juga terpengaruh karena merek. Seperti yang diketahui banyak masyarakat membeli mie istant menyebut merek yang sudah familiar.
Kesimpulan dapat diketahui bahwa produsen memproduksi barang agar bisa dibeli oleh masyarakat yang membutuhkan. Dan masyarakat juga memiliki pilihan bahwa masyarakat yang berperilaku sebagai konsumen dia bisa mendapatkan barang seperti apa yang mereka inginkan dengan harga yang terjangkau. Dan produsen memenuhi kebutuhan tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar